Tips Mengurus Mutasi Kendaraan dari Sleman ke Yogyakarta agar Cepat 1

Hari Selasa kemarin tanggal 18 Oktober 2016 saya mencoba mengurus mutasi mobil dari Sleman ke kota Yogyakarta. Saya urus sendiri agar faham alur dan prosedurnya serta biaya yang harus dikeluarkan. Saya coba sharing di sini mudah-mudahan bisa jadi pertimbangan dan membantu bagi siapa saja yang akan mengurus mutasi kendaraan.
Mula-mula yang harus kita persiapkan adalah :
1. BPKB
2. STNK
3. Kwitansi Jual beli bermaterai Rp.6.000,-
4. KTP pembeli/pembeli (daerah yang akan dituju)

Langkah-langkah yang harus anda lakukan yaitu :
  1. Terlebih dahulu anda harus ke SAMSAT di kota Yogyakarta untuk melakukan cek fisik kendaraan. Saya kemarin belum cek fisik kendaraan di samsat kota Yogyakarta tapi langsung ke samsat Sleman. oleh samsat Sleman diminta cek fisik dulu di samsat yang dituju yaitu samsat Yogyakarta.
  2. BPKB, STNK, Kwitansi aseli dan Fotocopy KTP pemilik diserahkan pada petugas pendaftaran cek fisik di samsat Yogyakarta. pilih loket cek fisik roda 2 dan 4 bagian mutasi. Anda akan mendapatkan nomor antrian cek fisik tunggu hingga giliran kendaraan dicek. setelah selesai cek anda kembali ke loket pendaftaran untuk mengambil bukti cek fisik. persyaratan nomor 1-4 ditambah dengan hasil cek fisik selanjutnya dibawa ke samsat Sleman. Pelayanan cek fisik di kota Yogyakarta GRATIS.
  3. ke samsat Sleman bagian cek fisik kendaraan. Lokasi di gedung bagian belakang. Serahkan persyaratan 1-4 dan bukti cek fisik kendaraan ke petugas untuk dilakukan legalisasi. Setelah selesai, lalu gandakan persyaratan tadi menjadi rangkap 5. 1 bendel aseli dan 4 bendel fotocopy. Sampai disini biaya masih GRATIS.
  4. ke POLRES Sleman untuk validasi BPKP. serahkan semua berkas baik bendel aseli maupun yang foto kopy pada petugas pendaftaran bagian mutasi masuk/keluar. tunggu hingga dipanggil. disini BPKP, STNK dan kwitansi aseli akan diminta selanjutnya anda akan diberi satu 1 lembar resi untuk mengambil BPKB nantinya dan 3 bendel fotocopy. Di bagian ini anda akan diminta membayar PNBP mutasi sebesar Rp.75.000,-
  5. Berkas yang anda terima dari POLRES Sleman selanjutnya dibawa ke Samsat Sleman di loket mutasi masuk untk didaftarkan dan mendapatkan surat jalan. di bagian ini anda akan diberi 1 bendel fotocopy dan bukti penerimaan berkas mutasi keluar. Pada bukti penerimaan berkas mutasi keluar memuat nama pejabat yang menerima, dikumen yang diterima (FC KTP, STNK, BPKB dan Kwitansi, serta kapan selsainya (bisa diambil) berkas-berkas mutasinya. di bagian ini biaya GRATIS
  6. bersambung....... ke Bagian ke-2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengurus Mutasi Kendaraan dari Sleman ke Yogyakarta agar Cepat 1"

Post a Comment