Tips menggabungkan dua atau lebih file pdf menjadi satu file

Untuk keperluan digitalisasi dokumen atau mengarsipkan dokumen-dokumen penting dalam bentuk file, apakah itu sertifikat-sertifikat, Surat-surat atau dokumen penting lainnya, pilihan kita jatuh pada format file dalam bentuk pdf. Meskipun bisa juga dalam bentuk gambar atau gambar yang kemudian digabung dalam satu file di Microsoft Word

Pilihan terhadap PDF sebagai format file arsip tentu saja karena file berformat pdf tidak bisa begitu saja dirubah sehingga akan terjaga keaslian file sebagaimana sumber fisiknya. Perubahan hanya bisa dilakukan bila diekspor ke format lain (bila teks ke msword) atau dibuka melalui image editor semacam photoshop. Sifat file pdf adalah read only artinya hanya bisa kita baca saja sehingga tepat sebagai file arsip.

Utuk membuat file pdf ada banyak cara bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan mencetak file ke dalam format pdf bila sumber data berupa file atau menggunakan alat berupa scanner bila sumber data berbentuk hard copy. Hampir semua scanner bisa membuat file pdf termasuk scanner yang ada dalam printer three in one (print scan copy). Hanya saja, untuk scanner yang ada dalam printer 3 in 1 tidak bisa mebuat banyak halaman dalam satu file pdf, sehingga kita perlu menggabungkannya menjadi satu file pdf agar dokumen hasil scan tidak terpisah-pisah. Untuk menggabungkannya tentu saja diperlukan software khusus baik itu online maupun offline.

Menggabungkan file pdf secara offline

Menggabungkan file pdf secara offline butuh software/tool khusus seperti acrobat reader atau Weeny free pdf merger. Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana menggabungkan file pdf dengan  weeny free pdf merger karena sifat tool ini freeware atau gratis :

  1. Sebelumnya  silakan siapkan tool-nya, bagi yang belum punya silakan Download disini.
  2. Jika sudah punya Tool ini silakan Install terlebih dahulu.
  3. Jika sudah selesei Installasinya, langsung buka Tool-nya.
  4. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di atas.
  5. Kemudian cari tombol / tulisan "Add PDF", lalu cari file Pdf yang ingin digabungkan, bisa 2 (dua) file PDF atau lebih dari dua (dua).
  6. Setelah itu, jika file yang ingin digabungkan sudah masuk semua, urutkan terlebih dahulu halaman mana yang akan dijadikan halaman 1,2 dan seterusnya. Caranya cari tombol atau tulisan ''Move Up" dan "Move Down" dengan tombol tersebut file Pdf bisa diurutkan sesuai dengan keinginan.
  7. Jika sudah selesei, langsung saja cari tombol "Merge Now", tunggu sampai proses penggabungan selesei.
  8. Dan jika proses sudah selesei nanti akan muncul file Pdf yang sudah tergabung menjadi satu file, biasanya nama file yang sudah di Merge berupa angka yang terdiri dari beberapa digit, silakan anda "Rename" sesuai keinginan. Dengan begitu anda sudah berhasil menggabungkan file pdf yang anda inginkan.
 Menggabungkan file pdf secara online

Ada banyak situs web yang menyediakan fasilitas penggabungan file pdf secara gratis. Saya akan mengambil contoh salah satu saja yaitu Pdfjoiner. bisa dibuka di urlnya yaitu pdfjoiner.com/id/
Hal ini karena menurut pandangan saya cukup mudah melakukannya. caranya :
Pdf Joiner
  1. Buka urlnya di pdfjoiner.com/id/
  2. Cari dan klik pada menu Unggah File (kotak merah pada gambar diatas).
  3. Cari file pdf yang akan digabungkan. file pdf yang akan dijadikan halaman pertama diupload terlebih dahulu lalu upload berurutan yang akan dijadikan halaman berikutnya.
  4. Bila telah selesai upload klik pada menu Gabungkan File (lingkaran merah pada gambar diatas). seketika akan terbuka jendela perintah untuk mendowload atau membuka file hasil penggabungan tersebut.
  5. file yang terbuka atau terdownload sudah dalam bentuk gabungan, anda tinggal menyimpan ulang atau me rename dengan nama yang dikehendaki.
Demikian tips menggabungkan file pdf baik secara offline maupun online. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips menggabungkan dua atau lebih file pdf menjadi satu file"

Post a Comment