Aplikasi Dupak Penghulu : Tutorial 1 : Eksport data Simkah

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Aplikasi Dupak Penghulu sebagai Aplikasi untuk membuat bukti fisik Dupak Penghulu sekaligus Dupaknya.
KEBUTUHAN PERALATAN
Agar aplikasi Penilaian Angka Kredit DUPAK Penghulua ini bisa digunakan, dibutuhkan kesiapan peralatan antara lain :
  1. Komputer dengan RAM yang cukup. Semakin besar RAM semakin baik.
  2. Program Microsoft Access. Biasanya sudah dalam satu paket dengan Microsoft Office. Versi yang dipakai minimal Microsoft office 2000 atau 2003.
  3. Aplikasi Dupak Penghulu, extract file Aplikasi Dupak Penghulu.rar dan tempatkan di lokasi drive D, sehingga lokasinya menjadi D:\Aplikasi DUPAK Penghulu
  4. Aplikasi SIMKAH. Sebagai sumber data yang akan diolah.
  5. Printer. Digunakan untuk mencetak bukti fisik yang sudah dibuat.
PROSES AWAL, EKSPOR DATA SIMKAH
Untuk bisa diolah sebagai bahan pengajuan DUPAK, data-data Nikah dan Rujuk yang berada dalam aplikasi simkah terlebih dahulu harus diekspor ke dalam format xls atau Microsoft excel. Data yang perlu diekspor adalah data Pemeriksaan Nikah (NB) dan Data Register.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka simkah
  2. Buka Form NB (Pemeriksaan Nikah) lalu pada tanggal pemeriksaan pilih range tanggal yang akan diekspor lalu tekan Refresh (Gambar 1).
Gambar 1 Range data simkah

3.  Setelah data muncul kemudian tekan menu Ke Excel pada menu simkah kemudian pilih  Costumisasi (gambar 2).
Gambar 2 Menu exspor ke excel
 4. Arahkan lokasi penyimpanan hasil export ke folder D:/Aplikasi Dupak Penghulu, kemudian pilih file pendaftaran.xls (Gambar 3)
Gambar 3 lokasi export pendaftaran
 5. Klik pada file pendaftaran.xls hingga ter-blok lalu tekan save kemudian start export. Hingga muncul proses export (gambar 4) dan biarkan hingga selesai lalu tekan OK.
Gambar 4 Proses Expor Data
  6. Langkah selanjutnya adalah buka register SIMKAH lalu pilih range data yang akan diexpor lalu tekan refresh hingga muncul semua datanya ( seperti gambar 1). Setelah datanya muncul lakukan export data register ke excel dengan menekan menu ke excel => costumisasi (Gambar 2). Arahkan lokasi penyimpanan hasil export ke folder D:/Aplikasi DUPAK Penghulu, lalu pilih register.xls  hingga ter blok lalu tekan save as, seperti pada  gambar 3, hanya file yang dipilih Register.xls. lakukan proses export hingga selesai.
7. Proses export data dari SIMKAH sudah selesai, sekarang tinggal mengolahnya melalui Aplikasi Dupak Penghulu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Dupak Penghulu : Tutorial 1 : Eksport data Simkah"

Post a Comment