Mengatasi error dan susah loading PUPNS

Anda PNS yang saat ini sedang mengisi data pada PUPNS? tentu anda sering dibuat gemes, jengkel bahkan stress dengan proses input data di PUNS. bagaimana tidak, susah loginnya, begitu sudah login dan mengisi data pupns form sangat susah untuk disimpan. Pengisian datanyapun sangat susah terutama pada kolom isian yang tipenya autocomplete. Pada kolom ini selalu saja loading tidak berhenti-berhenti. ketika loading selesai dan data ditemukan akan muncul masalah lagi yaitu saat data akan disimpan. ketika data disimpan kemudian muncul jendela peringatan lalu kita pilih simpan, seringkali aplikasi tidak berhasil menyimpan data yang kita input justru aplikasi mengalami restart. kita diminta login lagi. setelah login data tidak tersimpan dan harus melakukan proses ulang yang masalahnya sama dengan sebelumnya. Inilah yang sering membikin PNS jengkel dengan situs PUPNS ini.

untuk mengatasi masalah diatas tentu kita harus mencari tahu sebabnya. sebab utama error aplikasi pupns ini adalah padatnya traffic ke web site ini. bayangkan saja PNS se-Indonesia yang jumlahnya puluhan juta harus login pada aplikasi yang sama pada waktu yang terbatas, sehingga saling berebut masuk pada website pupns. akibatnya server jadi down atau melambat.

Bila sebab massalah dalam pengisian data pupns adalah traffic maka solusinya mencari waktu yang tepat untuk login aplikasi pupns dimana pada saat itu akses penggunanya sedikit. identifikasi waktunya adalah sebagai berikut :
  1. Pada jam kerja 07.30 s.d 16.00 : pada waktu ini PNS berada di kantor dan tersedia jaringan internet untuk input data pupns. pada waktu ini sangat tidak disarankan karena bisa dipastikan traffik kunjungan ke server pupns sangat banyak.
  2. Pada malam hari, pada saat orang-orang sedang terlelap. antara jam 20 s.d 05 pagi. banyak yang menyarankan pengisian data pupns pada waktu ini. tetapi pada kenyataannya website pupns tetap saja susah loadingnya. bisa jadi akibat persepsi yang sama dari para pns sehingga banyak pns yang memilih waktu ini untuk input data pupns. akibatnya tentu saja traffic malam hari tetap saja padat.
  3. Pada waktu keluarga, yaitu pada sore hari antara pukul 17.00 s.d 20.00 atau pagi hari pada bukul 05.00 s.d 06.30. pada waktu ini PNS yang berkeluarga tentu disibukkan dengan urusan keluarga sehingga traffic kunjungan ke wesite pupns diperkirakan sedikit. namun masih memungkinkan traffic kunjungan ke website pupns masih padat karena mereka masih bisa menyempatkan waktu untuk input data di sela-sela mengurus kepentingan keluarga. ada waktu lain yang menurut saya sangat afdhol dan recomended untuk input data pupns yaitu :
  4. pada waktu berangkat kantor atau pulang kantor. yaitu pada pukul 06.30 s.d 07.30 atau 16.00 s.d 17.00. pada waktu ini para PNS masih OTW alias On The way atau masih dalam perjalanan ke kantor atau pulang kantor. Bila masih dalam perjalanan apalagi mengemudikan kendaraan pribadi mereka tidak mungkin bisa akses ke wesite pupns sehingga pada waktu ini traffic ke website pupns paling rendah. sehingga recomended untuk input data. saya sudah mencobanya terbukti cukup cepat loadingnya.
Selamat mencoba, semoga sukses dan tidak stress.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi error dan susah loading PUPNS"

Post a Comment