Tips Mengurus Mutasi Kendaraan dari Sleman ke Yogyakarta Agar Cepat 3

Sambungan dari :
Tips Mengurus Mutasi Kendaraan dari Sleman ke Yogyakarta Agar Cepat 2

Hari Rabu, 23 Nopember 2016 adalah waktu pengambilan berkas-berkas mutasi kendaraan sesuai dengan jadwal yang diberikan petugas mutasi masuk di Samsat Yogyakarta ketika menyerahkan berkasnya dua minggu yang lalu. Saya langsung menuju loket mutasi masuk kendaraan roda 4  tempat dimana saya menyerahkan berkas-berkas kendaraan saya. 
Catatan alur kepengurusannya adalah sebagai berikut :


  1. Di loket mutasi masuk BPKB kendaraan roda 4: setelah menyerahkan bukti penyerahan berkas, selanjutnya petugas akan menyerahkan map berisi berkas-berkas mutasi kendaraan yang sudah dilengkapi dengan surat keterangan mengenai identitas kendaraan yang baru. Pada surat tersebut sudah tercantum nomor identitas kendaraan kita yang baru. Saat saya mengambil berkas tersebut, petugas loket menyampaikan kalau BPKB yang baru sudah jadi, bisa diambil kalau proses pengurusannya sudah jadi. 
  2. selanjutnya, berkas dibawa ke bagian Loket Formulir. lokasinya di sebelah kiri lokasi cek fisik kendaraan bermotor. diserahkan pada petugas yang ada di loket sebelah kanan. di sini anda akan diberi secarik catatan untuk membayar biaya STNK dan TNKB. Catatan tersebut dibawa ke loket BRI untuk dibayarkan biayanya yaitu sebesar Rp.125.000,- dengan rincian biaya STNK sebesar Rp.75.000,- dan TNKB sebesar Rp. 50.000,-. bukti pembayaran dibawa ke loket formulir untuk mendapatkan formulirnya. 
  3. Formulir tersebut diisi dan beserta berkas-berkas yang lain diserahkan di loket pendaftaran yang ada di gedung utama Samsat Yogyakarta. Pada loket ini kita akan diberi tanda terima berkas yang harus diambil dua minggu ke depan. Pada tanda terima berkas saya tertulis berkas diambil tanggal 8 Desember 2016.
  4. Bersambung ........
Catatan :
Ternyata setelah mengurus sendiri mutasi kendaraan, rasanya ada birokrasi yang tidak efektif, terkesan bertele-tele. Untuk mengurus mutasi satu kendaraan saja harus bolak-balik berkali-kali. apakah tidak bisa dibuat seefektif mungkin sehingga masyarakat tidak perlu modar-mandir  berkali-kali ke samsat hanya untuk mengurus administrasi satu kendaraan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengurus Mutasi Kendaraan dari Sleman ke Yogyakarta Agar Cepat 3"

Post a Comment