Download Aplikasi Dupak Penghulu

Setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kini disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) tentu menginginkan dapat naik pangkat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan kenaikan pangkat tersebut tentu akan berpengaruh terhadap perolehan gaji pokok dan tunjangan jabatannya. Untuk jabatan fungsional tertentu dapat naik pangkat empat tahun sekali bila masih memungkinkan, sementara untuk jabatan fungsional tertentu sangat bergantung pada perolehan Angka Kredit (AK) sebagai prasyarat kenaikan pangkatnya.


Salah satu jabatan fungsional tertentu yang tidak sedikit jumlahnya adalah jabatan fungsional Penghulu. Setidaknya dalam setiap KUA (Kantor urusan Agama) terdapat satu orang penghulu. Jika di seluruh Indonesia terdapat 5 ribuan KUA, tentu ada sejumlah 5 ribuan penghulu. 

Jabatan fungsional penghulu masih terbilang baru. Dasar-dasar penyusunan angka kreditnya masih berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 20 tahun  2005, 14A Tahun 2005 tanggal 14 september 2005. Dikarenakan masih dianggap baru, banyak penghulu yang merasa kesulitan untuk menyusun dupak penghulunya. Al-hasil banyak yang tidak bisa naik pangkat sesuai dengan periode kenaikan pangkat yang sewajarnya (4 tahun sekali).

Tidak bisa menyusun dupak penghulu sebenarnya lebih kepada kesulitan untuk menentukan bukti fisik apa dari setiap butir kegiatan yang dikerjakan. Kebingungan dalam membuat bukti fisik tersebut berakibat pada malasnya mengumpulkan bukti fisiknya. Akibatnya, dipastikan tidak bisa menyusun dupak dan tidak bisa mengumpulkan poin angka kredit untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Namun, ada banyak cara bisa dilakukan agar bisa menyusun dupak penghulu. salah satunya dengan Aplikasi Dupak Penghulu, Cara Mudah Mengajukan Dupak Penghulu. 
Aplikasi ini memuat beberapa bukti fisik sekaligus datanya tinggal cetak. Data berasal dari aplikasi SIMKAH yang terlebih dahulu dieksport ke Excel.

ekstrak ke drive c: agar bisa dijalankan.

Sekilas panduannya bisa dibaca pada link berikut :
  1.  Panduan eksport data simkah
  2. Panduan Input data user
  3. Proses data
Ada sedikit perbedaan antara aplikasi dengan panduan diatas. panduan di atas untuk aplikasi lama. sementara untuk yang di download di atas sudah ada beberapa perubahan menu. Tetapi pada prinsipnya tidak jauh berbeda.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Download Aplikasi Dupak Penghulu"

Unknown said...

Sy sdh Download aplikasi dupak penghulu diatas dan sy sdh coba buka namun data Pendafran dan Regester dr simkah tdk bisa terbuka di data NR yg ada diaplikasi dupak... Tolong penjelasannya ....

syam suryadi said...

Aplikasi yg ada tdk sama dengan yg ada dipanduan.... Mohn penjelannya... Trm kash

rohmatafif@blogsport.com said...

kok tdk bs msk ya datanya

Post a Comment