Pelatihan Internet bagi KUA se-DIY

Bertempat di lantai 3 plasa telkom Yogyakarta Jl. Yos Sudarso no.9 Kotabaru Yogyakarta. Pelatihan internet bagi para calon operator SIMKAH pada Kantor Urusan Agama (KUA). Pelatihan ini terlaksana berkat kerjasama antara Telkom Div Regional Yogyakarta dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Peserta terdiri dari para penghulu dan staff KUA dari seluruh kecamatan yang ada di DI Yogyakarta. Mereka terbagi menjadi 4 gelombang. Gelombang terakhir dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Januari 2011 mulai pukul 09.00 s.d 15.00 WIB. Gelombang terakhir ini diperuntukkan bagi Kabupaten Bantul.
Tujuan diadakannya pelatihan ini sebagai langkah awal dari akan dilaksanakannya MoU antara PT. Telkom dengan Kanwil Kemenag DIY terkait dengan rencana pelaksanaan KUA Online. Pada pelatihan ini peserta diajari cara-cara membuat e-mail, mengirim e-mail, chatting, video calling, membuat blog dan juga pengetahuan tentang virus komputer.

KUA Online sendiri merupakan program untuk komputerisasi layanan KUA berbasis IT. Menggunakan program Aplikasi yang dibuat oleh Aries Setiyawan bernama SIMKAH. dengan SIMKAH ini KUA bersiap melakukan perubahan dalam layanan perinkahan ke arah yang lebih maju. Data-data pernikahan tersimpan di Aplikasi SIMKAH yang ada di KUA, selain tersimpan di KUA data pernikahan juga akan terkirim ke server Bimas Islam di Jakarta.
Pada layanan KUA akan ada perubahan pada data-data yang selama ini ditulis tangan beralih ke pencetakan dengan printer. seperti berkas-berkas Pemeriksaan Nikah (NB), Akta Nikah (Register) dan Kutipan Akta Nikah model NA (Buku Nikah).
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua KUA sudah siap untuk menerapkan SIMKAH untuk pelayanan pada masyarakat pada tahun 2012 ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan Internet bagi KUA se-DIY"

Post a Comment