YANG DISUKAI SUAMI ATAS ISTRI


14 hal yang disukai suami atas istrinya. Wahai isteri yang shalihah, ini adalah hal-hal yang disukai suami atasmu. Bersungguh-sungguhlah dalam menunaikan hal tersebut dan lupakanlah jika suamimu kurang dapat memenuhi hak-hakmu karena sesungguhnya yang demikian itu akan dapat melanggengkan cinta dan kasih saying diantara kalian, dapat memelihara keharmonisan rumah tangga sehingga dengannya masyarakat akan menjadi baik pula. 14 hal tersebut adalah sebagai berikut : 

  1. Wanita yang bersungguh-sungguh untuk selalu taat kepada suami karena ketaatan kepada suami termasuk salah satu diantara syarat masuk syurga..
  2. Isteri harus menjaga kehormatan dan memelihara kemuliaannya serta mengurusi harta, anak-anak, dan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan rumah. QS. An-Nisaa: 34 
  3. Berhias dan memperindah diri untuk suami, selalu senyum dan jangan bermuka masam di depannya. Jangan sampai menampakkan keadaan yang tidak ia sukai.
  4. Isteri harus selalu berada di dalam rumahnya dan tidak keluar meskipun untuk pergi ke masjid kecuali atas izin suami. QS. Al-ahzaab : 33  
  5. Janganlah seorang isteri memasukkan orang lain ke dalam rumah kecuali atas izin suaminya.
  6. Isteri harus menjaga harta suami dan tidak menginfaqkannya kecuali dengan seizinnya.  
  7. Janganlah seorang isteri melakukan puasa sunnah sedangkan suami berada di rumah kecuali dengan izinnya.
  8. Janganlah seorang isteri mengungkit-ungkit apa yang pernah ia berikan dari hartanya untuk suami maupun keluarga karena menyebut-nyebut pemberian akan dapat membatalkan pahala. QS. Al-Baqarah : 264  
  9.  Isteri harus ridha dan menerima apa adanya, janganlah ia membebani suami dengan suatu yang ia tidak mampu. QS. Ath-Thalaq: 7
  10. Isteri harus bersungguh-sungguh mendidik anak-anaknya dengan kesabaran. Janganlah ia marah kepada mereka di depan suami dan janganlah memanggil mereka dengan kejelekan maupun mencaci maki mereka karena yang demikian itu akan dapat menyakiti hati suami.
  11. Isteri harus dapat berbuat baik kepada kedua orang tua dan kerabat suami karena sesungguhnya isteri tidak dianggap berbuat baik kepada suami jika ia memperlakukan orang tua dan kerabatnya dengan kejelekan.  
  12. Janganlah isteri menolak jika suami mengajaknya melakukan hubungan intim.
  13. Isteri harus dapat menjaga rahasia suami dan rahasia rumah tangga, janganlah sekali-kali ia menyebarluaskannya. 
  14. lsteri harus selalu bersungguh-sunggih dalam menjaga keberlangsungan kehidupan rumah tangga bersama suaminya, janganlah ia meminta cerai tanpa ada alasan yang disyari’atkan.

(elita ummu tsurayya : Perkawinan dan Keluarga No.458/2010)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "YANG DISUKAI SUAMI ATAS ISTRI"

Post a Comment