Nonosoft Khot Software Editor Teks Arab Buatan Lokal

Saat sedang lihat-lihat buku pada sebuah pameran buku di Yogyakarta sekitar tahun 2003 / 2004 saya tertarik dengan salah satu stand yang menawarkan sebuah Aplikasi editor teks arab. Software itu bernama Nonosoft Khot. Software editor teks arab asli buatan Indonesia yang diprogram oleh mas Nono Setiawan di bawah bendera "Media Jifisa Software House".

Saya tertarik dengan program ini karena saya ingin bisa menulis teks arab di komputer dengan mudah dan hasilnya juga cukup bagus. Software ini berbeda dengan cara lama yang biasa kita gunakan untuk menulis huruf arab di komputer dimana kita harus merubah dulu mode English ke Arabic baru bisa menulis huruf arab, itupun kita harus menggunakan keyboard yang berbahasa Arab.


Pada saat itu Aplikasi Nonosoft Khot masih versi .2.0. pada saat artikel ini saya tulis Nonosoft Khot sudah rilis versi ke-3. Harga yang ditawarkan untuk Nonosoft Khot 2.0 saat itu untuk versi personal Rp.80.000,- dan untuk versi Corporate Rp.250.000,-

inilah salah satu contoh tampilan Aplikasi Nonosoft Khot


Berikut ini saya cuplikkan penjelasan Resmi dari si empunya di website  Media Jiffisa mengenai Nonosoft Khot versi 3.0 :
"Nonosoft KHOT merupakan editor teks arab yang mempunyai sistem penulisan berbeda (tidak kompatibel) dengan sistem arabic bawaan Windows, sehingga dokumen yang huruf-huruf arabnya diketik menggunakan Nonosoft KHOT tidak bisa diedit oleh editor arabic semacam Office Arabic ataupun semua editor yang menggunakan sistem unicode dalam penulisan arabicnya, begitu pula sebaliknya.
Dengan demikian Nonosoft KHOT tidak memiliki kemampuan seperti editor yang menggunakan sistem arabic unicode, dimana dalam perubahan bentuk huruf dan format paragraf sepenuhnya diatur oleh lingkungan windows. Selain itu sifat tulisan arabnya tidak universal, misalnya tidak bisa langsung digunakan pada penulisan huruf arab di website atau semua aplikasi online tanpa menyertakan/menginstal font-font pendukungnya pada komputer user.
Meski dengan keterbasan-keterbatasan tersebut, Nonosoft KHOT juga mempunyai fitur yang tidak terdapat pada editor-editor yang lain. Dan memang pemilihan sistem penulisan arabic yang berbeda dengan bawaan windows, sudah diniatkan sejak awal pengembangan agar Nonosoft KHOT memiliki ciri tersendiri diantara berbagai software editor teks arab yang ada. Karena fasilitas pengaturan dokumennya belum sebaik MS-Office, Adobe, Corel atau software-software yang sudah mapan dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar, maka pengoperasian Nonosoft KHOT (jika untuk kebutuhan layout/percetakan) ebaiknya digunakan bersama editor-editor teks/gambar tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Untuk mendukung hal itu, pada proses copy/paste di versi 3 sudah ditambahkan beberapa format selain RTF (Rich Text Format) yang sudah ada sejak versi 1, yaitu format HTML, Image Metafile dan Bitmap. Dengan kemampuan copy/paste dalam beberapa format tersebut, menjadikan tulisan arab dari Nonosoft KHOT dapat dipindah ke berbagai editor teks/gambar dengan mudah."

Bagi yang tertarik dan berminat untuk mencoba dan memiliki Aplikasi ini silahkan hubungi web resminya tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nonosoft Khot Software Editor Teks Arab Buatan Lokal"

Post a Comment