Khasiat Bawang Merah Sebagai Anti Bakteri dalam Pengobatan Tradisional

Bawang merah atau Allium cepa L. sudah sangat kita kenal dan hampir pasti ada di setiap dapur. selain sebagai bumbu masak, bawang merah ternyata punya manfaat sebagai obat pembunuh bakteri. 
ada kisah menarik yaitu disaat epidemi influenza merebak di banyak tempat di dunia, seorang dokter memperhatikan ada keluarga yang sama sekali tak tersentuh oleh demam influenza itu. Ketika ia mengunjunginya, ia dapati bahwa keluarga ini setiap hari meletakkan bawang merah yang telah dikupas di piring dan menaruhnya di setiap kamar yang ada di rumah itu. Ketika salah satu piring diambil dengan metoda bakteriologis yang semestinya, ia dapati seluruh permukaan bawang itu penuh dengan virus influenza yang sudah inaktif.
Ternyata, bawang merah itu memfokuskan virus ke dalam dirinya, lalu membunuhnya. Bukan hanya virus, tapi juga bakteri, semuanya terkumpul di situ dalam keadaan sudah inaktif atau mati. Beberapa toko yang memasang bawang merah di sekitar tokonya juga terbebas dari serangan epidemi dan mendapati karyawannya lebih sehat.
Jadi, tempatkanlah beberapa butir bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah mangkuk, tempatkan di kamar tidur dan ruang keluarga, ganti setiap hari, tentu saja, maka anda akan terbebas dari virus dan bakteri. Tapi jadi boros ya! dan baunya memang sedikit tidak mengenakkan bagi yang belum terbiasa.

Bawang Merah bisa juga digunakan untuk terapi pengobatan bagi penderita radang paru berat (pneumonia), caranya adalah sebagai berikut: ambil sebutir bawang merah, iris kedua ujungnya. Salah satu ujungnya dicocok dengan garpu, lalu tangkai garpu dimasukkan sebuah botol agar dapat berdiri. Taruh di samping ranjang penderita semalaman suntuk, paginya bawang merah berubah jadi kehitaman karena penuh kuman. Buang itu, ganti dengan yang baru. Penderita akan lebih cepat sembuh.
Apa efek dari semuanya ini? Bawang merah mentah yang telah dikupas adalah magnet kuat bagi kuman, jadi jangan menyimpan bawang merah mentah yang sudah dikupas, walaupun dalam lemari es, sebab itu sama dengan anda menyimpan kuman dalam lemari es anda.
Begitu pula kentang mentah, setelah diiris atau dikupas mudah sekali dimasuki kuman.Karena itu sebaiknya mengupas bawang merah mentah hanya jika langsung hendak dimasak, jangan untuk persediaan.

*TIPS KESEHATAN ini berasal dari dr. Yahya Wardoyo

Post a Comment for "Khasiat Bawang Merah Sebagai Anti Bakteri dalam Pengobatan Tradisional "