Cara Restore Data Aplikasi Kinerja Versi Lama ke Baru

Sebuah aplikasi apapun namanya pasti akan mengalami perubahan dan perbaikan (update), hal ini dilakukan untuk memperbaiki script program, tampilan atau menambah menu yang baru.
Update aplikasi tersebut ada yang langsung bisa merubah aplikasi tanpa merubah databasenya, ada pula yang harus melakukan perubahan (update) databsenya juga.

Pada aplikasi Kinerja PNS ini update aplikasi tidak langsung bisa merubah database yang sudah digunakan sebelumnya menjadi baru, harus ada proses restore/impor data dari versi lama ke versi yang baru. Langkah-langkah untuk mengambil data (restore/import) dari lama ke versi yang baru adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah sebuah folder di drive D (harus di D) bernama LCKH
  2. Masukkan aplikasi kinerja versi baru misal App Kinerja PNS V.4 ke dalam folder tersebut.
  3. Masukkan juga aplikasi kinerja versi lama yang berisi data-data harian ke dalam folder LCKH juga. sehingga dalam folder tersebut ada 2 file yaitu versi 4 dan versi sebelumnya yang sudah di pakai.
  4. perlu diperhatikan bahwa restore/impor data di aplikasi kinerja hanya akan mengambil versi yang ada satu tingkat di bawahnya. Jika versi terbarunya versi 4 maka versi yang lama harus versi 3. Bila yang digunakan ternyata masih versi 2 atau sudah versi 4 yang masih ada kesalahnnya, maka versi lama tersebut harus dinamai ulang (rename) menjadi versi 3. Sehingga dalam folder LCKH ada du file yaitu App Kinerja V.3 dan App Kinerja V.4, harus seperti ini.
  5. Jalankan App Kinerja V.4 (yang baru), bila sudah terbuka langsung klik pada menu Hapus/Restore Data.
  6. Hapus/Restore Data
  7. Jalankan menu hapus data (menu sebelah kiri) untuk mengosongkan sample data yang ada di versi 4.
  8. Jangan ditutup menunya, langsung jalankan menu Impor data yang ada di sebelah kanannya. 
  9. Khusus untuk jabatan fungsional penghulu, pada versi 4 yang baru ini sudah ada penambahan keterangan hasil kegiatan pada tabel kegiatannya. Fungsinya ketika memaukkan catatan harian, hasil kegiatannya akan terisi sendiri. yang kita isi hanya pada kolom volumenya saja.
  10. Cara menambahkan hasil kegiatan : setelah data kegiatan dihapus jangan jalankan menu impor data kegiatan tetapi jalankan menu yang ada di bawah yaitu Copy Keg Penghulu, pilih sesuai jabatan saat ini, pertama atau muda atau madya. menu ini akan memasukkan tabel kegiatan kepenghuluan yang baru yang sudah ada keterangan hasil kegiatnnya ke dalam tabel kegiatan yang ada di aplikasi kinerja PNS v.4
  11. Apabila menu impor data dijalankan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini :
  12. cek kembali lokasi dan nama file, apakah App Kinerja PNS v.3 (yang lama) benar-benar berada dan sama seperti yang ada dalam keterangan peringatan tersebut yaitu D:\LCKH\App Kinerja PNS v.3.accdb
  13. Tutup form impor data, bila pada unit kerja, jabatan dan nama pegawai muncul #Deleted klik saja menu refresh yang ada di atas
  14. Update Aplikasi Kinerja PNS V.4 bisa di download di SINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Restore Data Aplikasi Kinerja Versi Lama ke Baru"

Post a Comment